Tahapan-Tahapan Seleksi Penerimaan Sekolah Kedinasan

Zae.web.id - Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Sekolah Kedinasan membuka pendaftaran pada tanggal 9 April sampai dengan 30 April 2022. Semua Sekolah Kedinasan dibuka secara bersamaan. 

Sebelum melakukan pendaftaran, biasanya kita selalu melihat dan memahami persyaratan-persyaratan untuk mendaftar ke sekolah kedinasan. Disamping itu, selain persyaratan kita juga biasanya memperhatikan setiap tahapan-tahapan seleksi dalam sekolah kedinasan, supaya kita bisa mempersiapkan nya dengan baik.

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022
Untuk bisa menjadi salah satu Mahasiswa, Taruna/i atau Praja di Sekolah Kedinasan, harus melalui beberapa rangkaian tes seleksi Sekolah Kedinasan terlebih dahulu. Setelah serangkaian tes tersebut sudah dilaksanakan dan pada akhir tahapan pengumuman dinyatakan lulus, maka kita sudah sah menjadi Mahasiswa, Taruna/i atau Praja di Sekolah Kedinasan yang kita ambil. 

Kalian sudah tahu belum mengenai tahapan seleksi untuk Sekolah Kedinasan?? 

Bagi kalian yang belum tahu, yuk simak terus artikel ini... 

Tahapan-tahapan / Rangkaian Tes Seleksi Untuk Sekolah Kedinasan

Untuk tahapan seleksi Sekolah kedinasan biasanya tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, semua tahapan dilakukan sesuai dengan ketentuan dari masing-masing sekolah kedinasan. Berikut tahapan-tahapan / rangkaian tes untuk Sekolah kedinasan diantaranya :
  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD )
  • Seleksi Lanjutan ( pada tahapan ini ditentukan oleh masing-masing sekolah kedinasan )

Tahapan Seleksi Lanjutan untuk masing-masing sekolah kedinasan, diantaranya:

  • Kemenhub : Tes Kesehatan, Kesemaptaan, Psikotest, Wawancara
  • Kemenkumham : Kesehatan, Kesemaptaan, Psikotest dan Wawancara Psikotest, Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK)
  • STMKG : Seleksi Kemampuan Bidang (SKB), Kesehatan, Kebugaran, Wawancara
  • STIS : Matematika dan Psikotest, Kesehatan dan Kebugaran
  • STAN : Seleksi Lanjutan I ( Tes Kesehatan dan Kebugaran, Tes Psikologi ), Seleksi lanjutan II ( Wawancara ) 
  • IPDN : Tes Kesehatan Tahap I, Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran, Tes Kesehatan Tahap II, Tes Kesemaptaan dan Pemeriksaan Penampilan
Nah seperti itulah untuk tahapan seleksi sekolah kedinasan. 

Ayooo siapa yang mau jadi mahasiswa, taruna/i, atau praja sekolah kedinasan?? Terus berusaha dan jangan lupa berdoa yaa... 

Salam sehat... Semangat perjuangan!!!!